Kamis, 15 November 2012

Resume Meet 7-8

CRM    
- Customer Relationship Management

- Pemasaran, kauangan, SDM, Akuntansi



  • Manajemen Hubungan pelanggan
    Strategi pemasaran yang saat ini marak dilakukan perusahaan yang mengingiknkan pelangan / konsumen meraka tetap membeli produk
  • Definisi CRM
    Istilah industri Ti untuk metodologi, strategi, perangkat lunak (Software) dan mampu membantu perusahaan untuk mengolah hubungan dengan pelanggan
  • Pentingnya CRM dan Pengguna CRM
    1. Karena tingkat persaingan global antar perusahaan kian besar 
    2. Fakta bahwa untuk mendapatkan pelanggan baru bisa 10 kali biaya untuk menjaga pelanggan tetap ada 
    3. Tren bisnis saat ini yang tujuan utamnya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan ke perusahaan kita 
    4. Banyaknya konsumen yang menginginkan pelayanan penjual.


    Konsep Dasar CRM

  • Tujuan penerapan CRM

    1.) Mengenali dan menganilasa relasi.
    2.) Mengenali dan menganalisa pasar.
    3.) Mengenali dan menganalisa produk keluaran.

    Mengambil data input berupa data profile dari semua pelanggan Customer dan memberikan informasi yang sesuai kepada klien berupa informasi tentang Customer history, kebutuhan-kebutuhan pasar dan isu-isu lain seputar perkebangan pasar.
  • Bagaimana cara membuat CRM berhasil ?

    1. Perencanaan bisnis yang matang. 
    2. Menfeginisikan tujuan dan susunan dari penerapan CRM.
    3. Menentukan batas-batas dari CRM menurut strategi yang ditetepakan.
    4. Menetukan parameter dan standar pengukuran keberhasilan penerapan CRM

  • Merencanakan penerapan sistem CRM harus memperhatikan hal-hal berikut

    1. Sasaran yang ingin dicapai bersifat jangak panjang. 
    2. Sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan perusahaan.
    3. Hasil yang dicapai dapat menjadi sasaran kunci bagi bisnis perusahaan  
    4. Nilai risiko akibat penerapan CRM

  • Kendala yang muncul setelah penerapan

    1. Pada aplikasi TI terbuangnya feature /  kelebihan-kelebihan yang ditawarkan TI dengan percuma 
    2. Pelanggan tetepa mengeluh
    3. Hubungan denganpelanggan teteap transaksional
    4. Tidak ada peningkatan efisien 
    5. Keuntungan perusahaan masih stagnan (tetap)
  • Manfaat CRM

    1. Jumlah Konsumen bertambah
    2. Mengetahui tingkat kepemilikan perusahaan pada konsumen 
    3. Mengetahui kebutuhan konsumen pada masa yang akan datang 
    4. Mengetahui ketidaknormalan pada masa yang setiap aktivitas transaksi
    5. Mengurangi risiko operasional
    6. Mampu menganalisa pola data tranasaksi
  • SCM (Supplay Chain Management)

    Sebuah sistem yang melibatkan proses produksi pengiriman, penyimpanan, distribusi dan penjualan produk dalam rangka memenuhi permintaan akan produk tersebut
  • Beberapa isu penting

    1. Aturan material / produk : sesuatu yang komplek
    2. SCM pada hakekatnya : sinkronasi dan koordinasi aktivitas yang berkaitan dengan aliran material /  produk baik yang di dalam suatu organisasi maupun antar organisasi
    3. Rangkaian /  jaringan ini terbelakang

  • Fungsi SCM

    1. SCM secara fisik mengkonversi bahan baku menjadi produk jadi dan menghantarkannya ke pemakai akhir 
    2. SCM sebagai mediasi pasar yakni memastikan bahwa apa yang disuplay mencermikan manfaat SCM
  • Manfaat SCM

    Tujuan SCM modern : untuk mengurangi ketidakpastian (understandting) dan risiko dalam supply chain

  • Supply Chain Mencakup 3 bagian


    1. Upstrean Supply Chain
    2. Internal Supply Chain
    3. Downstrean Supply Chain


    Masalah / tantangan Supply Chain

    1. Kompleksitas struktur Supply Chain
    2. Ketidakpastian

  • Solusi masalah Supply Chain

    1. Melakukan Outsburching
    2. Membeli input secara langsung daripada harus memproduksi terlebih dahulu
    3. Menciptakan 'Strategi partnership' dengan supplier
    4. Menggunakan pendekatan 'Just In Time'
    5. Menggunakan supplier seminimum mungkin






  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar