Saat ini peranan SI (sistem informasi) sudah tidak
dapat di pungkiri lagi. Kemajuan teknologi yang begitu pesat, semakin menambah
peranan sistem informasi di berbagai bidang, termasuk dalam pendukungan
pengambilan keputusan.
Tujuan sistem
informasi itu sendiri adalah untuk mendukung operasi bisnis, mendukung
keperluan managerial, dan mendukung keunggulan strategis. Jadi sudah sewajarnya
tekhnologi informasi digunakan oleh banyak pihak.
Di pemasaran sistem informasi pun digunakan dengan berbagai tujuan.
Tanpa adanya sistem informasi maka bidang pemasaran akan kesulitan untuk menentukan Segmenting,targeting dan positioning perusahaan mereka, promosi apa yang harus dilakukan dan masih banyak lagi kendala-kendala yang akan dihadapi oleh sebuah perusahaan jika perusahaan tersebut tidak memanfaatkan sistem informasi.
Di pemasaran sistem informasi pun digunakan dengan berbagai tujuan.
Tanpa adanya sistem informasi maka bidang pemasaran akan kesulitan untuk menentukan Segmenting,targeting dan positioning perusahaan mereka, promosi apa yang harus dilakukan dan masih banyak lagi kendala-kendala yang akan dihadapi oleh sebuah perusahaan jika perusahaan tersebut tidak memanfaatkan sistem informasi.
Pada saat ini sudah tidak aneh lagi jika sebuah perusahaan menggunakan sistem informasi sebagai media untuk promosi. Misalnya dengan memiliki website sendiri. Selain itu ada sebuah hotel berbintang yang memanfaatkan data tamu sebagai media promosi. Jika ada yang kebetulan berulang tahun biasanya pihak hotel tersebut memberikan kartu ucapan selamat ulang tahun. Hal itu tentu saja dapat menimbulkan kesan di hati tamu hotel tersebut sehingga secara tidak langsung tamu tersebut akan mempromosikan hotel tersebut kepada teman-temannya. Belum lagi dengan fasilitas mailing list (Milis). Melalui Milis tersebut maka promosi dapat dilakukan dengan cepat dan biaya yang lebih murah. Begitu pula dengan data penjualan yang dapat dikirimkan melalui email. Sehingga perusahaan pusat dapat mengetahui kondisi penjualan di toko cabang dengan cepat sehingga dapat membuat keputusan promosi apa yang harus dilakukan oleh perusahaan. Misalnya dengan mengutamakan mempromosikan produk “A” dari pada produk “B” karena tingkat penjualan produk “A” tidak sebaik produk “B”.
SIM mempunyai peranan
yang sangat penting di dalam suatu organisasi karena sangat mempengaruhi
terhadap maju mundurnya sebuah organisasi. Setiap organisasi baik itu
organisasi yang besar maupun yang kecil pasti mempunyai sistem informasi yang
berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan dan masalah yang terjadi pada
organisasi tersebut. Sekarang ini, penerapan SIM dalam suatu organisasi pasti
akan melibatkan penggunaan komputer untuk membantu mengolah data yang ada untuk
menjadi informasi yang dibutuhkan.
Informasi yang tepat,
cepat dan akurat akan menjadikan suatu organisasi menjadi berkembang dengan
pesat. Semakin besar suatu organisasi maka semakin komplekslah pengelolaan
sistem informasi, karena data yang diolah menjadi semakin banyak dan
bervariasi. Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu
perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam
mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu yang pada akhirnya
akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya.
Informasi merupakan
kebutuhan utama manajemen dalam rangka melaksanakan fungsi-fungsi yang dikumpulkan
kepadanya. Tidak disangkal lagi bahwa keberhasilan manajemen sangat dipengaruhi
dan bergantung pada ketepatan informasi yang disajikan dalam bentuk laporan,
dimana laporan tersebut harus memberi manfaat seoptimal mungkin dan tidak
menyesatkan bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
Manajemen membutuhkan
banyak informasi agar dapat bekerja secara efisien dan efektif. Informasi yang
banyak tersebut tidak mungkin seluruhnya dapat ditampung oleh manajemen. Untuk
itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat mendukung kebutuhan manajemen dalam
mengelola suatu perusahaan/organisasi. Dengan adanya sistem informasi yang baik
diharapkan tidak adanya penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam
perusahaan/organisasi. Selain itu suatu sistem yang baik juga akan mendorong
produktivitas yang tinggi dan memberikan kontribusi atas tercapainya tujuan
organisasi. Oleh karena itu jelas kiranya bahwa harus ada suatu hubungan erat
antara sistem informasi dengan prosedur yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar